August 12, 2009

install .EXE di linux dengan WINEHQ software


Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap OS memiliki file-file eksekutabel yang berbeda satu sama lainnya. Windows punya EXE, Linux juga memiliki file eksekutabel, Mac juga punya. Sehingga setiap OS hanya dapat menjalankan program yang khusus didesain untuk berjalan di OS itu sendiri.
Meskipun ada beberapa program yang cross-platform (yang artinya bisa berjalan di OS manapun), tapi sifat cross-platform ini tetap berlaku hanya di OS itu sendiri (wah gak jelas ya?).


oke,perlahan saya jelasakan,Misalnya, program GIMP (GNU Image Manipulation Program) yang bisa berjalan di atas UNIX, Windows, dan Mac OS X.
Meskipun bisa berjalan di atas UNIX, Windows, dan Mac OS X, tetap saja masing-masing OS membutuhkan program GIMP yang sesuai dengan format eksekutabel mereka.

Nah, jika kita ingin menjalankan file-file eksekutabel Windows di Linux, kita membutuhkan sebuah emulator. Di Linux, kita mengenal beberapa emulator seperti Wine dan Cedega. Wine merupakan program emulator untuk eksekutabel Windows yang bebas, Cedega juga sama. Perbedaannya hanya terletak di lisensinya saja.
Wine merupakan software bebas, sedangkan Cedega merupakan software berbayar. Untuk kali ini, saya akan membahas tentang Wine saja (soalnya saya belum pernah memakai Cedega).



Wine adalah sebuah program untuk menjalankan file eksekutabel DOS, Windows 3.x, dan Win32. Wine merupakan singkatan dari Windows Emulator.
Wine menjalankan eksekutabel Windows dengan menggunakan file .dll bebas yang biasanya terdapat di Windows.
Kebanyakan program Windows (yang tidak dibuat dalam VB) akan berjalan mulus dengan Wine, namun masih ada beberapa program Windows yang masih tetap tidak dapat berjalan dengan Wine.

Contoh program Windows yang berjalan di Wine adalah Adobe Photoshop (dengar-dengar dari situs web), Fruitty Loops 5, dan ANSAV v2 Beta. Sedangkan contoh program Windows yang tidak berjalan di Wine adalah ANSAV Versi 1.x.x..Kebanyakan pengguna Linux menggunakan Wine sebagai aplikasi untuk menjalankan game-game Windows, seperti yang saya lakukan di post sebelumnya tentang Counter-Strike..Beberapa game Windows sudah dapat berjalan normal dengan Wine, contohnya GTA San Andreas, Counter-Strike, SimCity 4, dan Civilization (tombuntu.com). Untuk lebih jelasnya, cari di situs-situs yang menjelaskan tentang gaming di Linux.

Untuk menginstall Wine cukup mudah. Bagi anda pengguna Ubuntu, Wine bisa di-install dengan command sebagai berikut:..~$ sudo apt-get install wine..atau dengan cara mengunduh source Wine di situs official Wine.
dan meng-compile-nya beserta dengan dependencies-nya.
Wine juga bisa di-install dengan cara mengunduh packages-nya di situs package masing-masing (untuk pengguna Ubuntu dan turunannya, packages bisa diunduh di

Download
Wine Software





Komentar :

ada 1
laptop review said...
pada hari 

nice post..but absolutely this thing can run .exe very well...maybe we have to take our money to get wine better

Post a Comment

Please To Comment


Masukkan Code ini K1-941C3D-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Masukkan Code ini K1-941C3D-F
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com


Sahabatanda..com Rahasia Top 10 Besar Google
kursus inggris kilat toko boneka online


Template Design By: RADIX